Senin, 20 Juni 2011

Selamat Pagi Ibuku Sayang

Pernahkah terbayangkan oleh diri Anda ketika Anda bangun tidur dan mendapati Ibu Anda telah tiada? Tanpa sempat mengatakan “selamat pagi, Ibuku sayang?”.  Atau selama ini Anda mengalami perang dingin dengan Ibu Anda dan gengsi untuk meminta maaf? Sebelum Anda sempat mengatakan, “maafkan aku, Ibuku sayang,” Ibu Anda telah tiada.
Bagaimana perasaan Anda bila mengalami itu semua? Sudah pasti merasa sedih dan menyesal. Namun menyesal tidak akan menyelesaikan masalah. Penyesalan selalu terbit di malam hari. Jadi mumpung masih pagi, masih dini, dan Ibu Anda masih sehat, mulailah untuk menyayangi Ibu Anda. Bila Anda segan mengucapkan, “Ibuku Sayang,” Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk memperlihatkan kasih sayang Anda.
Siapkan Sarapan Pagi
Bila selama ini sarapan Anda selalu disiapkan oleh Ibu, cobalah sekali-sekali untuk memasak sarapan dan memberikannya untuk Ibu Anda. Anda bisa menuliskan kalimat ‘Untuk Ibuku Sayang’ di secarik kertas dan berikan sekuntum bunga. Ibu Anda adalah perempuan, dan setiap perempuan suka keromantisan.
Jangan Melawan Ibu Anda
Dalam agama sendiri, dilarang untuk mengatakan ‘Ah!’ pada Ibu kita. Apalagi melawan permintaannya. Selama permintaannya itu tidak melanggar hukum dan agama, kita wajib memenuhinya semampu kita.  Dan ingat, selalu bicara dengan senyum dan lemah lembut kepada Ibu Anda.
Berikan kejutan kecil
Kado kecil dengan kartu bertuliskan, “untuk Ibuku sayang” akan semakin membuat ibu yakin bahwa Anda menyayanginya. Tidak perlu mahal, jilbab, prakarya, bros murahan atau bahkan puisi bisa menjadi hadiah istimewa.
Pujilah ibu Anda
Bila Ibu Anda memakai gaun yang tidak sesuai, jangan Anda mencelanya. Pujilah Ibu Anda sambil memberikan sedikit masukan “kayaknya lebih bagus kalau pakai….” Bila Ibu Anda sudah sering bercermin dan mengamati kerut wajahnya, pujilah dia. Buat hatinya bahagia, tapi ingat, jangan terlalu gombal.
Berikan sedikit pijatan
Ibu Anda pasti lelah setelah bekerja seharian mengurus rumah tangga. Apalagi bila ibu Anda juga seorang wanita karier. Maka di waktu senggang, pijatlah ia. Meski bukan ahli pijat, ibu anda merasakan kasih sayang yang Anda berikan.
Tidak usah terlalu banyak menuntut
Bila Anda masih sekolah atau kuliah, cobalah berikan prestasi akademik yang bagus atau prestasi di luar sekolah yang sesuai dengan keahlian Anda. Bila Anda sudah bekerja, cobalah untuk memberikan sedikit penghasilan Anda untuk menambah biaya belanja ibu. Jangan pernah menuntut ibu untuk memberikan banyak hal kepada. Sebaliknya, cobalah berikan yang terbaik untuk ibu Anda.
Doakan Ibu Anda
Sebagai anak yang baik, Anda harus mendoakan Ibu Anda dalam kebaikan. “Kudoakan Ibuku sayang dengan tulus.” Ucapkan itu dalam hati Anda. Itu adalah bentuk kasih sayang yang paling tulus dari hati. Doa yang tulus akan didengar oleh Tuhan dan niscaya akan dikabulkan.
Nah, bila 7 hal di atas sudah Anda lakukan, maka kini sudah saatnya Anda mengatakan “Ibuku Sayang…” dengan lembut kepada ibu Anda. Yakinlah, seorang ibu tidak akan menuntut Anda untuk menjadi orang kaya. Ia hanya ingin Anda menyayanginya, bahkan ketika dia sudah renta dan tak berdaya

Sumber: AnneAhira.com untuk Indonesia

1 komentar:

  1. ibu...dari rahimmu keluarlah cikal-bakal generasi baru, kelak engkau pula yang dapat membimbing mereka ke mana arah mereka berjalan............ibu sungguh mulia jasa mu

    BalasHapus