Sabtu, 12 November 2011

Kesederhanaan Rasulullah Tauladan Hidup


Kesederhanaan Rasulullah Tauladan Hidup

Islam mengatur kehidupan umatnya, begitu pula kehidupan dalam berumah tangga, sauri tauladan pernikahan telah di contohkan oleh Rasulullah. Allah menghendaki  kehidupan rumah tangga Rasul untuk di jadikan teladan bagi generasi-generasi  berikutnya.
Rasulullah mewarnai rumah tangga beliau dengan zuhud dan kesederhanaan, Belau juga seorang yang pendermawan, pola hidup seperti ini bukan sama sekali tuntunana aqidah , tapi itulah pilihan beliau untuk diri dan keluarganya
Beliau tidak pernah mengharamkan rezeki buat dirinya . namun juga tidak pernah mengejar-ngejarnya. Dan beliaupun tak pernah memerintah untuk hidup seperti dirinya, tapi tidak juga melarang  jika ada yang ingin seperti dirinya.
Istri-istri Rasulullah sebagai manusia biasa , pernah menghampiri  Rasulullah ketika mereka melihat perubahan kehidupan masyarakat secara umum menuntut perubahan masalah nafkah. Tuntunan ini  tidak mendapat sambutan dari Rasulullah. Bahkan membuat Beliau bersedih hati. Tiada jalan lain, tuntunan  membuat Rasulullah SAW memberikan pilihan kepada istri-istrinya. Maka turunlah surat Al-Ahzab28-29, artinya:
     `Hai nabi, katakanlah pada istri-isrtimu, jika kamu sekalian menginginkan kehidupan dunia dan      perhiasannya maka kemarilah, supaya kuberikan mut`ah dan aku ceraikan kamu dengan cara yang baik.Dan jika kalian ingin keridhoan Allah dan Rasul-Nya serta kesenangan negeri akhirat, maka sesunguhnya Allah menyediakan bagi siapa yang berbuat baik diantaramu pahala yang besar`  
Bagaimana sikap para istri Rasulullah, dengan serentak belau memilih Allah, Raasul dan kehidupan Rasulullah. Mulai saat itu para istri Rasulullah hidup seperti kehidupan Rasul.
Sungguh suatu tauladan hidup yang baik pada diri Rasulullah SAW, bagi mereka yang mau selamat dunia akherat.

1 komentar:

  1. alhamdulillah...
    suri dan teladan Baginda Rasul.
    menjadi ikutan kita semua.
    Allahumma Shalli wasallim wabarik'alaik.
    Salam 'alaika salam.

    BalasHapus