Selasa, 15 November 2011

Dilarang Membakar Sampah !!!!!!!

                                              
  Dilarang Membakar Sampah   !!!!!      
Selamatkanlah bumi kita dari kerusakan. karena kerusakan alam tidak dapat diganti dengan prodak apapunJagalah lingkungan sekitar Anda agar anak cucu kita bisa merasakan ramahnya alam ini. Sesungguhnya kerusakan alam bukan karena alam ini sendiri tetapi karena tanggan-tanggan jahil dan manusia yang tidak bertanggung jawab..Marilah kita bersama bergandeng tangan menyelamatkan bumi kita yang sudah tua ini dengan berbagai cara, salah satu dari metode yang ada untuk menyelamatkan alam adalah dengan cara `Membakar Sampah`

Larangan membakar sampah tampaknya belum tersosialisa dengan baik. Buktinya, masih banyak ditemukan warga membakar sampah sembarangan. Padahal membakar sampah akan mengakibatkan pencemaran udara. Membakar sampah akan menimbulkan kadar dioksida (CO2) yang dapat memicu meningkatnya suhu udara.

Marilah kita mendukung perintah dalam penanganan pemanasan global, yaitu dengan salah satu program tersebut dengan cara membuang sampah pada tempat-tempat yang telah diisediakan, atau di daur ulang.

Membakar sampah dalam jumlah yang besar sangat membahayakan bagi kesehatan manusia karena dapat menimbulkan adanya gas dan partikel debu. Gas-gas yang berbahaya ditimbulkan oleh pembakaran sampah antara lain  adalah gas Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NOx), Sulfur dioksida (SO2), Dioxin dan Furan.

Efek dari gas-gas hasil pembuangan sampah dalah sebagai berikut:
1. CO, terbentuk akibat pembakaran yang tidak sempurna. Ketika terhirup, CO dapat bereaksi dengan hemoglobin di dalam darah membentuk karboksihemoglobin (HbCO), yang secara normal mentransfer O2 ke jaringan sel di badan. Hemoglobin yang semestinya mengangkat dan mengedarkan oksigen keseluruh tubuh berubah fungsinya menjadai pembawa CO sehingga tubuh akan kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen dalam dosisi rendah akan menyebabkan sakit kepala, dan kematian dalam dosis tinggi.

2. NOx yang paling berpengaruh pada lingkungan adalah NO (Nitrogen Monoksida) dan NO2 (Nitrogen Dioksida). Nitrogen Oksida Prekursor Pembentukan Ozon (O3) dan Peroksisetal Nitrat yang yang dapat memngakibatkan  smog (kabut asap). Nirogen Oksida juga berkontribusibdaalam pembentukan aerosol nitraat yang dapat mengakibatkan kabut dan hujan asam. NO2 termasuk gas yang toksik terhadap manusia.

3. SO2 merupakan gas yang dapat menyebabkan iritasi mata , hidung dan tenggorokan. Dalam konsentrasi yang tinggi dapat mengakibatkan kematian bagi penderita penyakit asma atau  bonkritis. SO2 juga salah satu penyebaba hujan asam.

4. Berdasarkan UU No. 32 tentang Lingkungan Hidup, ada larangan membakar sampah. Sampah dilarang dibakar karena bisa merusak lapisan ozon dan membuat cauaca jadi tidak menentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar