Senin, 01 Agustus 2011

Bulan Ramadhan

  Bulan Ramadhan

Ramadhan  adalah bulan kesembilan dalam penangalan Hijjrah (sistem penanggalan agama islam). pada bulan ini pemeluk agama Islam melakukan aktivitas keagamaan termasuk seperti berpuasa  Berpuasa adalah menahan haus dan lapar dari terbit fajar sampai terbenam matahari dan menahan segala macam emosi, dilanjutkan sholat teraweh pada malam harinya, yaitu sholat sunat yang hanya ada pada bulan Ramdhan. ..Berikutnya adalah , peringatan turunnya Al-qur`an yaitu malam Laylatul Qadar , dan diakhiri sebagai penutup yaitu dengan membayar zakat dan pada hari berikutnya adalah hari Raya Idul Fitri .


Puasa adalah cara yang efektif untuk melatih diri  meningkatkan  solidaritas sesama umat manusia yang kurang beruntung. Dengan demikian, puasa juga membekas pada perilaku kehidupan untuk senantiasa menjauhkan diri dari , kesombongan, keserakahan, dan segala hal menyakitkan dan menodai perasaan kemanusiaan kita sepanjang tahun di luar Ramadhan., 
Ramadhan sering pula diartikan sebagai bulan pengampunan (pembakaran) dosa. Pada bulan Ramadhan Allah memberi kesempatan menghindar dari keinginan negatif (nafsu) yang sering mewarnai kehidupan.

Rasulullah bersabda melawan nafsu adalah perjuangan paling berat. Beliau bahkan menyebutnya sebagai jihad akbar. Bulan Ramadhan menjadi media menyucikan diri dari segala perbuatan yang dilarang agama. Bulan suci ini juga kesempatan mengasah keimanan agar mata hati lebih tajam dalam memaknai kehidupan, baik yang berhubungan dengan Allah maupun dengan sesama manusia.

Di bulan Ramadhan ini marilah kita asah kepekaan kita kepada sesama saudara kiata.melihat dengan hati  nurani. mendengar, melihat, dan menyikapi berbagai problem kemanusiaan di sekitar kita. mampu berempati dengan kelompok masyarakat yang kurang beruntung.

 Marilah dengan puasa ini kita tingkatkan  keimanan dan ketaqwaan kita menyatu dengan ketajaman sensitivitas sosial sehingga puasa kita mampu menumbuhkan kesadaran baru yang membuka mata hati dan nurani untuk berpikir, bersikap, dan berperilaku untuk bersama-sama membantu yang tidak berdaya. Sesunguhnya Allah itu maha tahu, terhadap umatnnya maka patuhilah apa yang telah di  firmankanNya nisacaya kamu akan selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar