Jumat, 12 Agustus 2011

Ibadah Sholat


         Ibadah Sholat

Sholat adalah ibadah yang paling tinggi karena sholat  satu pembinaan Iman, satu-satunya tangga atau jenjang  taubat mencapai Iman yang sebenarnya , sholat juga merupan hasil  mempelajari   Al-qur`an yang merupakan syarat mutlak  untuk mencapai  Iman.
Oleh sebab itu sholat wajib tiap-tiap orang muslim yang telah baliq, dan sholat  wajib di kerjakan dalam keadaan sehat atau sakit. Allah berfirman  “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari  tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh  disaksikan (oleh malaikat)”.Bani Israil :78
Jenis sholat yang di jelaskan pada ayat tersebut di atas adalah sholat isya, subuh,zuhur, magrib dan sholat asyar. Dinamakan sholat lima waktu atau sholat fardhu.  Ada pula  sholat sunah yaitu sholat diluar sholat fardu,
Selain sholat fardhu ada juga  sholat sunah seperti sholat tahajud dan sholat taraweh.  Sholat taraweh adalah sholat yang hanya ada pada bulan Ramadhan,  sholat yang di kerjakan setelah sholat Isya.  Adapun jumlah  rakaat sholat taraweh berjumlah genap dan Rassulullah mengerjakan shoalat taraweh delapan rakaat dan di akhiri oleh shalat witir yang berjumlah ganjil, yaitu satu rakaat, tiga rakaat  dan lima rakaat.
Sesungguhnya Sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar, dalam sholat juga membedakan antara orang muslim dan orang kafir. Jadi jelaslah bahwa sholat itu harus dikerjakan oleh orang-orang muslim.
Slamat menunaikan ibadah sholat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar